Breaking News

Ringkasan Kulwa Bersama Pak Deny Rifai

Deny Rifai
(Direktur Pengembangan Wilayah dan Daerah BOD TDA 5.0)
Alhamdulillah, kuliah whatsapp (kulwa) untuk member TDA Pandeglang sudah dimulai. Selasa malam (13/3/2018) adalah kulwa perdana. Materi yang disampaikan langsung oleh Pak Deny Rifai atau yang akrab disapa Pak De. Pak De adalah Direktur Pengembangan Wilayah dan Daerah BOD TDA 5.0.

Yang disampaikan Pak De cukup jelas, singkat, dan padat, membuat kami para member TDA Pandeglang semakin optimis bahwa bersama TDA kami bisa berkembang di dunia bisnis atau enterpreneur.

Kenapa sih harus gabung di TDA? Terus kalau gabung di TDA kita dapat apa? Berikut adalah ulasan materi kulwa yang disampaikan Pak De;

Para pendiri TDA meyakini bahwa berkomunitas bisnis itu perlu, karena dengan berkomunitas, dapat menyebarluaskan dan menumbuhkan semangat berwirausaha, yang diyakini merupakan salah satu solusi konkret terhadap permasalahan ekonomi bangsa.

Lalu, mengapa memilih TDA? Padahal di luaran sana juga banyak komunitas dan organisasi wirausaha. Jawabannya, karena TDA saat ini menjadi komunitas bisnis yang tersebar di banyak kota, tepatnya ada di 15 Wilayah (setingkat propinsi dan gabungan propinsi) dan 79 Daerah (setingkat kabupaten/kota) di Indonesia. Wajar kalo TDA kami plesetkan sebagai Tiap Daerah Ada.

Dengan penyebaran yang demikian luas, potensi untuk mendapatkan rekanan suplier, rekanan mitra kerja, rekanan tim kerja, jaringan customer bahkan para investor terbuka lebar.

Dengan luasnya jaringan TDA, kita akan menemui banyak sekali mentor, yaitu mereka para pebisnis senior di TDA, yang bisnisnya sudah besar dan mapan, yang selalu siap sharing ilmu dan pengalaman membangun bisnisnya.

Hampir di semua sektor industri, terdapat mentor-mentor handal di TDA, karena itu anggota TDA dapat dengan mudah mendapatkan inspirasi dari sharing-sharing bisnis yg akan diadakan TDA melalui berbagai kegiatannya.

Mau belajar bagaimana membangun bisnis kuliner, kita bisa minta ndan Fais owner Ayam Penyet Mas Fais, bisa juga mengundang owner Roti Gembong Juanda: mas Juni di Samarinda. Atau mau belajar dari Daeng Iphink pemilik Browcil Makassar, atau bisa juga ke mas Donny K, owner Strudel Malang yang jaringan bisnis kue nya menggurita sampai Makassar, Padang, Bandung, Jogja dan kota-kota lainnya.

Mau belajar internet marketing? Ada Daeng Faqih, owner Frame Indonesia di Makassar yang juga Ketua Wilayah TDA Sulawesi Selatan dan pakarnya Sosmed Marketing, ada mas Hendara owner BOC Indonesia yang juga Ketua TDA Bali yang amat piawai di Google, atau bahkan dari Bendum TDA Pusat kang Aher, owner Hervent, produsen corporate merchandise di Bandung yang sudah mempraktekkan ilmu internet marketing melalui Google.

Ada yg tertarik belajar property? Ada bang Ishak Ketua TDA Wilayah Suluttenggo yang project perumahannya banyak banget. Juga ada bang Rudi, Ketua TDA Depok.

Mau belajar Visi Misi Bisnis, belajar Kepemimpinan Bisnis, Proses Produksi, Marketing, Keuangan, Permodalan, dan lain-lain, TDA punya 8 Workshop Series, sebuah kegiatan andalan TDA yang merupakan kumpulan pengalaman para mentor senior dalam membangun bisnisnya, dan siap ditularkan dan diajarkan kepada kita semua anggota TDA.

Dari semua itu, ada satu hal yang paling tidak bisa kita dapatkan, yaitu Inspirasi dan Motivasi Bisnis.

Asiknya di TDA itu Para mentor dan trainer di TDA itu Gemar berbagi ilmu bisnis kepada kita semua. Gemar berbagi tips dan trik, berbagi strategi bisnis agar usaha atau bisnis kita terus tumbuh besar.

Bisnis kita menguat, dan kita saling menguatkan. Bisnis kita membesar, dan kita saling membesarkan. Itulah sejatinya pebisnis, yaitu memberi, atau "Tangan Di Atas". Karena itu bila teman-teman berinisiatif berbisnis sambil berkomunitas di TDA, saya ajak untuk meluruskan niat. Biasanya kalau bergabung di TDA karena ingin mendapatkan sesuatu, yang terjadi adalah T-D-A, yaitu Tidak Dapat Apa-apa. Tetapi kalau kita niatkan memberi, Inshaa Allah dapatnya berlebih.

Saya jadi ingat pesan yang disampaikan oleh pendiri Komunitas TDA, Haji Alay; agar kita menjadi pengusaha yang kaya dan soleh, atau menjadi pengusaha soleh dan kaya, itulah 2 pilihan kita. Bila kita ingin memulai usaha atau bisnis, atau baru saja memulai usaha, mari datangi kegiatan TDA dan bergabunglah menjadi anggota TDA, karena TDA bervisi membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang nantinya akan memiliki kontribusi positif bagi peradaban bangsa dan negara. Bukankah kita semua ingin menjadi bagian dari itu? 


Mari kita bahas apa saja yang kita dapatkan jika bergabung dengan Komunitas TDA. Tentu manfaatnya banyak, tapi disini kita bahas manfaat yang paling mendasar saja. Manfaat gabung di TDA diantaranya;


Inspirasi dan Motivasi Bisnis
Salah satu problem sistem pendidikan di Indonesia adalah tidak mengarah kepada penciptaan entrepreneur atau wirausahawan, sehingga menjadi wirausahawan atau pebisnis seperti kita harus belajar sendiri. Pertanyaanya, Bisakah? Bisa!

Karena ternyata menjadi wirausahawan itu bukan karena keturunan, ia bisa dipelajari. Program edukasi yang direncanakan TDA sangat komprehensif, baik untuk usaha yang baru mulai, masih di level menengah maupun untuk yang sudah level besar. Sehingga kita pebisnis pemula yang awalnya tidak tahu ilmu bisnis, Inshaa Allah akan tercerahkan dengan berbagai ilmu yg di-share melalui berbagai event workshop, seminar, kelas teknis, dan lain-lain.

Ada program pembelajaran melalui Klub-klub, ada juga pembelajaran melalui KMB atau Kelompok Mentoring Bisnis, bahkan saat ini TDA memiliki buku dan silabus dengan judul "8 Workshop Series", yang dibawakan oleh mentor berkualifikasi dari sisi omsetnya, lama usahanya, jumlah karyawannya, bahkan harus sudah mengikuti pelatihan khusus bernama Training For Mentor (TFM). Di TDA, selalu didorong semangat untuk saling berbagi, saling mendukung dan bekerja sama, melalui berbagai kegiatannya.

Yang pada gilirannya, semangat untuk saling berbagi, saling mendukung dan bekerja sama itu akan muncul dan menjadi budaya di dalam lingkungan usaha atau bisnis kita. Dengan belajar ilmu bisnis di TDA, insyaa allah kita akan akan memiliki pilar yang kuat untuk menjalankan usaha atau bisnis.
Ini manfaat ke-2 berbisnis sambil ber-TDA.

Sekali lagi, TDA adalah komunitas bisnis, tempat bersilaturahmi para calon pebisnis, para pebisnis untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman membangun bisnis, agar kita semua tumbuh menjadi pebisnis yang tangguh yang gemar berbagi.

Anggota TDA adalah para wirausahawan, para pebisnis, para entrepreneur yang bisnisnya riil, mulai dari fashion, kuliner, property, tourism dan lain-lain.

Para anggota yang memiliki bisnis, dan TDA adalah tempat curhat, tempat kongkow, tempat business clinic, tempat konsultasi, tempat mentoring.
Sekedar untuk diketahui, berikut adalah visi dan misi TDA. Dan ini wajib diketahui oleh setiap anggota atau member TDA.

VISI >>> Membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

MISI
  • Menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan.
  • Membentuk 10.000 pengusaha miliader yang tangguh dan sukses sampai tahun 2018.
  • Menciptakan sinerji diantara sesama anggota & antara anggota dengan pihak lain, berlandaskan prinsip high trust community.
  • Menumbuhkan jiwa sosial & berbagi di antara anggota.
  • Menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi.

Mari lanjut ke manfaat ketiga.
Dengan menghadiri berbagai kegiatan TDA, kita akan bertemu dengan para pebisnis pemula dan senior, yang sedang memulai dan bahkan terus memperbesar bisnisnya, dimana meraka itu tergabung dalam sebuah komunitas bisnis yang bervisi menjadi Tangan Di Atas atau menjadi pengusaha kaya yang gemar berbagi kepada sesamanya.

Mereka tidak pernah segan diundang untuk sharing. Mereka akan menerima kita bertemu dan curhat bisnis. Mereka dengan senang hati akan mencoba sharing dan membantu kita untuk menemukan berbagai hal yang diperlukan untuk membangun bisnis kita. Kita akan mungkin memperoleh kesempatan untuk belajar langsung dari mereka.karena ber-TDA. Bahkan kita berkesempatan mendapatkan sesi mentoring.

Ya Mentoring, ini manfaat ketiga dalam ber-TDA. Di TDA bertebaran para mentor handal. Temukan mereka, berkenalan, bersilaturahmi, dan belajarlah dari mereka.

Ada istilah yang sangat pas. Mau pergi dengan cepat? Larilah sendiri. Mau pergi jauh? Ajaklah yag lain, pergilah bersama-sama.
Dan manfaat ke-4 ber-TDA adalah, kita akan punya jejaring bisnis yang sangat luas. Di TDA jejaring bisnis akan cepat terbangun, saat kita memperbanyak pertemuan, mengahidiri forum-forum yang lebih luas, kegiaatan-kegiatan se-wilayah bahkan kegiatan level nasional.

Jadi kesimpulannya, 4 hal yang bisa kita dapatkan di TDA; Inspirasi dan motivasi, edukasi, mentoring serta jejaring bisnis.

Jadi, apa yang membuatmu ragu untuk bergabung di TDA? Itulah materi Kulwa yang disampaikan Pak De, semoga bermanfaat dan menambah semangat kita untuk melangkah maju bersama TDA. (AFH)

Tidak ada komentar